Kamis, 09 Juli 2015

Konfigurasi FreeNAS NFS Share Storage dan Konfigurasi NFS Share pada Proxmox

 Konfigurasi FreeNAS NFS Share Storage
Network File System (NFS) adalah salah satu layanan yang dapat memungkinkan suatu computer untuk melakukan proses mount suatu directory datai device pada komputer lain.Dengan menggunakan NFS, suatu komputer dapat berbagi file, data dan bahkan program antara sesama klien yang terhubung ke server utama. NFS juga memungkinkan suatu komputer untuk melakukan pengaktifan/penggunaan peralatan pada komputer lain yang terhubung ke jaringan.Saat ini terdapat 2 versi NFS yaitu NFS versi 2 (NFSv2) dan NFS versi 3 (NFSv3). NFSv2 lebih lama tetapi didukung oleh berbagai macam mesin dan sistem operasi. Sedangkan NFSv3 lebih baru dan mempunyai beberapa fitur dan tambahan misal pesan kesalahan yang lebih baik, kemampuan untuk menghandle file yang ukurannya bervariasi. NFSv2 menggunakan protocol UDP untuk melakukan koneksi antara server dan client, sedangkan NFSv3 menggunakan protocol UDP dan TCP sekaligus. Konfigurasi FreeNAS NFS share storage relatif mudah karena hanya memerlukan beberapa langkah saja, yaitu :
1.Buka web browser pada client dan buka alamat IP FreeNAS contoh kali ini yaitu 192.168.16.3

2.Klik menu Storage kemudian klik Volume Manager untuk menambahkan volume share storage.


3.Isikan volume name dengan "nfs" lalu klik tanda "+" setelah itu "add volume"

4.Ubah terlebih dahulu permissions volume dengan cara klik change permissions kemudian checklist semua pada bagian write.

5.Untuk mengaktifkan layanan share storage pada volume yang baru saja dibuat agar bisa terintegrasikan ke Proxmox masuk ke menu Sharing kemudian ke tab UNIX (NFS).

6.Tambahkan settingan share storage dengan klik Add UNIX (NFS) Share, isikan form sesuai dengan petunjuk. Setelah selesai klik OK

Comment, isikan pada kolom comment untuk sekedar keterangan. Authorized
Network, pada kolom ini isikan dengan IP network yang akan diijinkan mengakses share storage pada FreeNAS. Selain itu juga dapat menggunakan Authorized IP addresses or hosts yaitu mengijinkan pengkasesan share storage hanya untuk beberapa IP saja. Tapi dalam contoh kali ini gunakan Authorized networks. Kemudian cheklist pada All Directories agar Proxmox diijinkan mengakses setiap direktori pada share storage tersebut. Dan pada bagian path isikan dengan lokasi dimana volume share storage berada, contoh kali ini adalah /mnt/nfs. Setelah konfigurasi penambahan share storage selesai akan muncul volume yang tershare.

7.Langkah akhir adalah mengaktifkan layanan aplikasi NFS karena secara default layanan tersebut masih OFF. Aktifkan dengan cara masuk ke menu service kemudian pada service NFS geser ke ON.
 Konfigurasi FreeNAS Share Storage sudah selesai.Sekarang kita lanjutkan untuk konfigurasi Konfigurasi NFS Share pada Proxmox

Konfigurasi NFS Share pada Proxmox

Setelah selesai membuat share storage menggunakan teknologi NFS untuk pengintegrasian di Proxmox tidaklah terlalu sulit, dapat menggunakan langkah antara lain :
1.Setelah login, masuk ke Datacenter kemudian pilih pada tab Storage. Secara default hanya ada storage dengan nama local, jadi setelah dibuat NFS pada FreeNAS untuk mengintegrasikan ke Proxmox gunakan tab Add kemudian pilih NFS

2.sikan form sesuai dengan petunjuk. ID untuk penamaan storage, server diisi dengan IP address dari server storage dalam hal ini adalah FreeNAS, isikan export dengan path dimana lokasi storage NFS yang terletak pada FreeNAS berada, content diisi dengan dialokasikan untuk konten apa saja storage NFS tersebut dibuat (Images, ISO, Template, Backup, Container), Max Backups berarti storage tersebut hanya bisa digunakan untuk satu penyimpanan backup saja. Bila sudah terisikan semua klik Add.


3.Apabila penambahan NFS storage berhasil maka didalam nodes Proxmox akan muncul storage baru yang berasal dari server storage.storage baru saya adalah nfs (ngawen).

Sekian Terimakasih ^^
Sumber:Ebook proxmox cloud compunting virtualisasi.

3 komentar:

dimzrio mengatakan...

gan ane bara dari sumbernya dari ebook proxmox cloud computing? ane boleh minta ebooknya gan?
dulu ane cuma pernah main di vmware esxi aja...

Rahmad mengatakan...

Untuk Ebook kapan"saya share

Anonim mengatakan...

Selamat siang mas rahmad, salam kenal
mau tanya misal dalam 1 server FREENAS hdd yang di share digunakan untuk lebih dari 1 proxmox bisa dibedakan direktory backupnya bagaimana ya caranya? saat ini saya coba dr 3 proxmox vmdump jadi 1 folder jika diarahkan ke hdd freenasnya.